About Me

My photo
Like any of 18-year-old girl, I'm a fan of a lot of things. Football and k-pop are the most severe. But above all, there's nothing I cherish more than my life, my family and my friends :)

Thursday, March 3, 2011

Biografi Ludwig Van Beethoven

Waduh, kayaknya posting yang satu ini agak berat yah .. soalnya biografi seh ~,~ Tapi mungkin aja ada yang penting. Ini dulunya tugas seni musikku.
 

      Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise.

        Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal.
        Karya Beethoven yang banyak itu termasuk 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola, serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan banyak lagi. Tetapi yang lebih penting dari jumlah ciptaannya adalah segi kualitasnya, dilihat dari segi komposisi sampai perencanaan.

        Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli. Gejala ini amat merisaukan si komponis muda. Sampai-sampai Beethoven pernah berpikir ingin bunuh diri.
Para ahli sejarah berpendapat bahwa penyebab ketulian Beethoven dikarenakan  :
  • Efek samping dari obat dan antibiotik
  • Pukulan di kepala dari ayahnya yang pemabuk. Sang ayah, yang dalam keadaan mabuk sepulang dari bar, akan membangunkan Beethoven kecil setiap malam untuk memainkan piano sampai pagi. Setiap Beethoven melakukan kesalahan atau memejamkan kelopak matanya yang berat, sang ayah memukul kepalanya
  • Beethoven memiliki kebiasaan membenamkan kepalanya ke dalam air dingin setiap malam agar tetap terjaga demi menulis komposisi musiknya
       Tahun-tahun antara 1802-1815 sering dianggap masa pertengahan karier Beethoven. Pada masa istirahat itu, akibat ketuliannya menghebat, dia mulai mundur dari pergaulan masyarakat. Pada tahun 1826, Beethoven menderita demam tinggi yang ternyata disebabkan oleh sakit ginjal. Penyakitnya tak tertolong dan dia meninggal pada 26 Maret 1827.

No comments:

Post a Comment